Profil Hakim Eman Sulaeman: Mengabulkan Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Kasus Pembunuhan Vina -->

Header Menu


Profil Hakim Eman Sulaeman: Mengabulkan Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Kasus Pembunuhan Vina

Nia
Senin, 08 Juli 2024

 



Sterilnews.com - Hakim tunggal di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Eman Sulaeman, menjadi sorotan publik setelah mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan oleh Pegi Setiawan terkait kasus pembunuhan Muhammad Rizky Rudiana dan Vina Dewi Arsita. 


Dalam putusannya, dia menilai penetapan Pegi sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat cacat secara hukum karena tidak memenuhi syarat dan tidak sesuai dengan prosedur. Berikut profil lengkap Hakim Eman Sulaeman.


Latar Belakang dan Karir


Eman Sulaeman lahir pada 10 April 1975 di Karawang, Jawa Barat. Pria ini menempuh pendidikan S1 jurusan Ilmu Hukum di Universitas Pasundan dan lulus pada 1999. Karirnya di dunia kehakiman dimulai sebagai calon hakim (cakim) PN Garut pada 2002.


Eman telah beberapa kali dimutasi ke beberapa daerah di Indonesia, antara lain PN Ketapang, Kalimantan Barat (2004), PN Sambas, Kalimantan Barat (2007), PN Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur (2010), dan PN Sumber, Cirebon, Jawa Barat (2013). Pada 2019, dia menjabat sebagai Ketua PN Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Pengalaman Menangani Kasus Besar


Selain mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan, Eman juga telah menangani beberapa kasus besar yang melibatkan kepala daerah. Pada 2022, dia adalah salah satu anggota Majelis Hakim PN Bandung yang menjatuhkan vonis 10 tahun penjara kepada eks Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dalam kasus persengkongkolan pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat.


Selain itu, Eman juga memvonis mantan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta setelah menyuap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Stepanus Robin Pattuju. Dia memenuhi syarat dan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah terkait dakwaan suap.


Keprofesionalan Hakim Eman Sulaeman memiliki kepribadian yang rendah hati dan tegas dalam menjalankan tugasnya sebagai hakim. 


Dia juga dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam memimpin persidangan. Pengalaman dan kemampuan hakim ini dalam menangani kasus-kasus besar membuat dia menjadi sosok yang cukup populer di kalangan masyarakat dan media.

Tag Terpopuler