Mengenal Hoarding Disorder: Gangguan Penimbunan yang Bisa Memperburuk Kualitas Hidup -->

Header Menu


Mengenal Hoarding Disorder: Gangguan Penimbunan yang Bisa Memperburuk Kualitas Hidup

Nia
Selasa, 16 Juli 2024

 


Sterilnews.com - Belakangan ini, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan pemilik kos yang menggerebek kamar kos yang dipenuhi dengan tumpukan sampah. 


Hal tersebut diduga merupakan tanda dari Hoarding Disorder, atau gangguan penimbunan yang bisa memperburuk kualitas hidup dan menimbulkan masalah lain bagi penderitanya.


Banyak warganet yang tidak menyangka bahwa ada orang yang dapat tinggal di ruangan yang penuh dengan tumpukan sampah, bahkan sangat mengkhawatirkan karena penghuni kos yang terkena hoarding disorder bisa terisolasi bahkan berisiko kebakaran.


Hoarding disorder adalah perilaku gemar menimbun barang karena menganggap barang itu akan berguna di kemudian hari, mengingatkan pada suatu peristiwa, atau merasa aman ketika dikelilingi benda-benda tersebut. 


Penyebab dari hoarding disorder belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, seperti depresi, skizofrenia, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD). 


Faktor lain yang mungkin menjadi penyebabnya termasuk tumbuh dalam keluarga yang tidak mengajari cara memilah barang, memiliki keluarga yang juga menderita hoarding disorder, pernah mengalami kesulitan ekonomi, atau pernah mengalami kehilangan harta benda akibat kebakaran atau bencana alam.


Hoarding disorder dapat memburuk seiring dengan berjalannya waktu, dan kondisi ini memerlukan bantuan dari profesional kesehatan mental agar dapat diatasi. 


Jika tidak tertangani dengan baik, hoarding disorder dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya dan menimbulkan masalah lain, seperti risiko jatuh atau tertimpa benda-benda yang ditimbun.


Dari sisi kesehatan, ruangan yang penuh sampah berisiko menjadi sarang kuman penyakit. Oleh karena itu, sangat penting bagi penderitanya untuk mendapatkan bantuan medis ketika mengalami hoarding disorder, sehingga mereka dapat memulai proses penyembuhan dan memperbaiki kualitas hidup mereka.


Dalam kesempatan ini, mari kita semuanya meningkatkan kesadaran dan empati terhadap orang-orang yang menderita hoarding disorder. Berikan dukungan dan bantuan kepada mereka untuk mengatasi kondisi ini dan memperbaiki kehidupan mereka.

Tag Terpopuler