DPRD Kabupaten Bogor Menampilkan Kekayaan Budaya dan Alam pada Peringatan HJB ke-542 -->

Header Menu


DPRD Kabupaten Bogor Menampilkan Kekayaan Budaya dan Alam pada Peringatan HJB ke-542

Nia
Senin, 03 Juni 2024



Sterilnews.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini menyelenggarakan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Bogor atau HJB ke-542. Acara tersebut berlangsung di Kantor DPRD Cibinong pada hari Senin lalu. 


Dalam kesempatan itu, DPRD Kab.Bogor berhasil memadukan budaya, sejarah, serta penampilan satwa dengan sangat kompak.


Ketua DPRD Rudy Susmanto memimpin rapat paripurna tersebut. Dia menyambut tamu-tamu yang hadir dengan meriah, termasuk Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Tiradi Machmudin, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu, para tokoh dan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bogor. 


DPRD Kabupaten Bogor menampilkan kekayaan budaya Bogor sejak awal acara, dengan gerbang masuk yang dihiasi dengan rampak gendang untuk menyambut para tamu.


Di antara berbagai penampilan budaya, tampak Sanggar Cantik menampilkan tarian guru bumi dan Saung Komara Sunda membawakan beberapa tarian meriah. 




Namun demikian, DPRD Kabupaten Bogor tidak hanya menghadirkan penampilan dari para seniman, tetapi juga mengundang generasi muda untuk tampil dalam ajang pencarian bakat dan memberikan pesan penting untuk mencintai Bogor.


Selain itu, DPRD Kabupaten Bogor juga mengubah Taman Inspirasi di areal Gedung DPRD menjadi mini-zoo dengan menampilkan beberapa satwa dari komunitas hingga dari Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua.


Pada acara tersebut, ada tujuh satwa dari TSI Cisarua yang ditampilkan, yaitu dua ekor burung macau greenwing, satu ekor burung bubo sumatera, satu ekor burung strix seloputo, dua ekor kuda, dan satu ekor ular sanca. 


Ketua DPRD Rudy Susmanto mengatakan bahwa tampilan tersebut merupakan bentuk harmonisasi antara satwa, alam, dan manusia yang melibatkan masyarakat dari berbagai komunitas.


Dalam hal pengenalan sejarah Kabupaten Bogor, DPRD menjelaskan sejarah tersebut secara visual melalui berbagai tayangan video, teatrikal, dan pemaparan langsung dari Sekretaris DPRD Yunita Mustika Putri. 




Yunita Mustika Putri menampilkan Prasasti Batutulis yang mengisahkan tentang penobatan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi sebagai raja pertama Pajajaran pada 3 Juni 1482. 


Selain itu, ia juga menceritakan tentang upacara guru bumi, yakni pesta rakyat sebagai rasa syukur terhadap hasil panen yang melimpah. Pada pesta ini, masyarakat memberikan hasil panen kepada raja.


Pada akhir acara, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan turut memberikan dana apresiasi bakti bagi keluarga almarhum Muhamad Lutfi Bagas Putra senilai Rp42 juta.


Lutfi adalah staf Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan di Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor yang meninggal pada 21 April 2024 akibat sakit.


DPRD Bogor juga berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor dan stakeholder untuk menyediakan berbagai layanan publik pada perayaan HJB kali ini, seperti SIM keliling, pengurusan Adminduk di samping layanan kesehatan yang disediakan oleh RSUD Cibinong. 


Semua ini menunjukkan bahwa DPRD mengambil langkah konkret untuk merayakan HJB ke-542, dan semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi untuk lebih memperkenalkan kekayaan budaya dan alam di seluruh Indonesia.

Tag Terpopuler