Rudy Susmanto Jelaskan Dampak Berbahaya Akibat Maraknya Aksi Bullying di Kalangan Remaja di Bogor -->

Header Menu


Rudy Susmanto Jelaskan Dampak Berbahaya Akibat Maraknya Aksi Bullying di Kalangan Remaja di Bogor

REDAKSI
Rabu, 29 Mei 2024

Sterilnews.com - Belakangan ini, aksi bullying atau perundungan di kalangan remaja di Kabupaten Bogor ternyata masih marak terjadi. 


Sebuah video viral beredar di media sosial beberapa pekan lalu menunjukkan sekelompok siswi dari sebuah SMP swasta di Bogor melakukan perundungan terhadap siswi SMP lainnya di Cipayung Jaya, Cipayung, Depok. 


Kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Pamijahan dan Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Atas maraknya kasus ini, 


Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, sangat prihatin dan mengajak semua pihak untuk mencegah aksi perundungan ini.


"Aksi perundungan ini sangat merugikan masa depan anak-anak. Tidak hanya merusak psikis remaja, aksi ini juga dapat memicu trauma dan gangguan mental yang mengakibatkan terhambatnya perkembangan anak". Jelasnya


"Oleh karena itu, pencegahan aksi perundungan harus menjadi tanggung jawab semua pihak. Orang tua harus melakukan pengawasan terhadap anak-anak serta mempelajari cara menangani kasus perundungan. Begitu pula dengan sekolah, perhatian terhadap perilaku anak-anak harus ditingkatkan".Tambahnya


Selain itu, pemerintah dan lembaga pengawasan anak perlu melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap anak-anak yang rentan menjadi korban perundungan.


Kita semua harus berperan aktif dalam memberikan pendidikan dan sosialisasi tentang bahaya aksi perundungan. 


Mari ajak anak-anak untuk berempati dan menghargai perbedaan dalam pergaulan sehari-hari. Saling menghargai, saling menyayangi, dan saling menguatkan dapat menjadi kunci untuk mencegah aksi perundungan.


Kita harus mengajarkan pada anak-anak bahwa mereka tidak boleh membiarkan diri mereka menjadi korban ataupun pelaku dalam kasus bullying. 


Selain itu, kita juga harus mengajarkan anak-anak untuk meminta bantuan ketika sedang mengalami permasalahan dan jangan segan untuk melaporkan kasus perundungan yang terjadi terhadap diri sendiri atau orang lain.


Maraknya aksi perundungan di kalangan remaja di Bogor menunjukkan bahwa kita semua perlu berperan aktif memerangi aksi ini. 


Anak-anak adalah calon pemimpin masa depan, dan kita harus memastikan mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. 


Kita tidak boleh membiarkan perundungan mempengaruhi masa depan mereka. Mari bersama-sama mendukung tumbuh kembang anak-anak dengan memerangi aksi perundungan.

Tag Terpopuler