KESBANGPOL Kabupaten Bogor : Meningkatkan Kesadaran Politik Di Kalangan Pemuda Melalui Pendidikan Politik Bagi Karang Taruna -->

Header Menu


KESBANGPOL Kabupaten Bogor : Meningkatkan Kesadaran Politik Di Kalangan Pemuda Melalui Pendidikan Politik Bagi Karang Taruna

Nia
Sabtu, 18 Mei 2024

 



Sterilnews.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor berhasil menyelenggarakan Pendidikan Politik bagi Karang Taruna Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan di Cahaya Village Megamendung Bogor selama empat hari, mulai dari tanggal 13 sampai dengan 16 Mei tahun 2024. 


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan politik, dengan melakukan sinergi antara pemerintah dan pemuda.


Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari S.SOS.MM menegaskan betapa pentingnya pendidikan politik bagi pemuda, karena politik dan demokrasi adalah dua sisi mata uang logam yang tak terpisahkan. Hal ini bisa mempengaruhi kesadaran masyarakat tentang politik, dan bisa membuat masyarakat lebih melek terhadap maksud dari politik itu sendiri.


Walaupun pendidikan politik dianggap cukup penting, namun masih banyak kalangan di tengah masyarakat yang belum paham tentang politik. Oleh karena itu, semua komponen masyarakat harus belajar tentang pendidikan politik, termasuk karang taruna dan masyarakat lainnya. 


Sebuah negara yang kuat dibangun oleh masyarakat yang kuat dan jika masyarakat memahami politik, maka akan menghasilkan pemimpin yang karismatik dan berkarakter kuat.



Ketua Pelaksana Kegiatan dan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol, Supendi, menambahkan bahwa kegiatan pendidikan politik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 


Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan meningkatkan stabilitas politik serta indeks demokrasi di Kabupaten Bogor menjelang Pemilu dan Pilkada 2024.


Mereka juga berharap bahwa dengan adanya kolaborasi ini, masyarakat bisa lebih aktif dalam kegiatan politik dan memahami betapa pentingnya partisipasi politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membantu menumbuhkan karakter kepemimpinan masyarakat di kalangan pemuda.



Tentu saja, keberhasilan dari kegiatan pendidikan politik ini tidak terlepas dari peran aktif pemerintah dan penyelenggaranya di Kesbangpol Kabupaten Bogor. 


Oleh karena itu, diharapkan kegiatan pendidikan politik bagi karang taruna ini nantinya bisa diadakan secara terus menerus dan bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif dan nyata dalam meningkatkan kesadaran politik di kalangan masyarakat.

Tag Terpopuler