Mengupas Kebijakan Lalu Lintas Sistem Satu Arah Arus Balik Lebaran 2024 -->

Header Menu


Mengupas Kebijakan Lalu Lintas Sistem Satu Arah Arus Balik Lebaran 2024

Nia
Selasa, 16 April 2024




Sterilnews.com - Pada Selasa pagi, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memutuskan untuk menghentikan rekayasa lalu lintas sistem satu arah pada arus balik Lebaran 2024. 


Rekayasa lalu lintas yang rencananya berlangsung dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali itu perlahan dihentikan mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB saat petugas membersihkan jalur satu arah. 


Hal ini dikarenakan arus lalu lintas di sepanjang tol Transjawa menuju Jakarta dalam kondisi normal. Setelah pembersihan, lalu lintas di tempat tersebut kembali normal dengan dua arah.


Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pengendara yang merencanakan perjalanan pulang ke kota asal setelah menikmati liburan Lebaran. 


Meski begitu, Korlantas Polri tetap memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arah (contraflow) pada dua lajur, mulai dari KM 70 hingga KM 74 Tol Jakarta-Cikampek.


Kendati begitu, kebijakan ini tetap menjadi sorotan yang menarik untuk dibahas. Salah satu hal yang dapat kita ambil dari kebijakan ini adalah pentingnya fleksibilitas dalam mengambil keputusan.


Korlantas Polri bisa menghentikan kebijakan itu ketika diperlukan sesuai dengan kondisi yang ada, sehingga tidak berpotensi menimbulkan kemacetan yang lebih banyak.


Terkait hal ini, Irjen Pol. Aan Suhanan memberikan imbauan untuk para pengendara agar selalu memperhatikan kondisi tubuh sebelum mengemudi di jalan raya. 


Beberapa peristiwa kecelakaan di jalanan selama periode mudik tahun ini disebabkan oleh faktor kelelahan pengemudi kendaraan. 


Di samping itu, Irjen Pol. Aan juga mengajak para pengendara dalam berkendaraan untuk selalu saling toleransi di jalan dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing.


Kita semua tahu, libur panjang Lebaran selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang untuk pulang ke kampung halaman mereka. 


Kita tidak ingin agar perjalanan pulang tersebut menguras energi dan menyulitkan. Oleh sebab itu, mari kita patuhi aturan dan mengedepankan keselamatan di jalan. 


Semoga perjalanan pulang mudik kita selalu lancar, aman, dan menyenangkan.

Tag Terpopuler