Berita Hari Ini : BMKG Waspadai Potensi Hujan dengan Petir dan Angin Kencang -->

Header Menu


Berita Hari Ini : BMKG Waspadai Potensi Hujan dengan Petir dan Angin Kencang

Nia
Selasa, 23 April 2024



Sterilnews.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan bagi masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia terkait adanya potensi hujan dengan disertai petir dan angin kencang pada Senin, 22 April 2024.


BMKG menyarankan agar masyarakat di Bengkulu, Jambi, Jakarta, Surabaya, dan Banjarmasin untuk lebih waspada.


Menurut BMKG, hujan dengan intensitas sedang bakal terjadi di Medan dan Yogyakarta, sementara hujan ringan diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia. 


Meski demikian, beberapa wilayah seperti Semarang, Denpasar, Mamuju, dan Makassar diperkirakan berselimut awan.


BMKG juga mengingatkan masyarakat mengenai potensi cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi pada sebagian wilayah Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat (NTB). 


Hal tersebut dipengaruhi oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di wilayah Indonesia hingga akhir April 2024.


Masyarakat diimbau untuk tetap berhati-hati dan mengikuti perkembangan informasi kondisi cuaca dari sumber yang terpercaya. 


Kita harus selalu memperhatikan peringatan dari BMKG dan mengambil tindakan yang sesuai untuk meminimalkan risiko dampak cuaca buruk.


Selalu disarankan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan pada saat cuaca buruk seperti ini. Pastikan untuk memperhatikan keselamatan diri dan orang lain, serta memastikan bahwa rumah atau gedung tempat tinggal juga aman dan memiliki penanganan bencana yang telah disiapkan sebelumnya.


Tetap waspada dan selalu mengikuti informasi cuaca terbaru dari BMKG. Semoga kita semua selalu terhindar dari risiko cuaca buruk dan selalu aman dalam kondisi apapun.

Tag Terpopuler