Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, Mendorong Anggaran Meubelair untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Cidokom 2 -->

Header Menu


Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, Mendorong Anggaran Meubelair untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Cidokom 2

REDAKSI
Rabu, 18 Oktober 2023



Sterilnews.com - Kabupaten Bogor, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, telah mengumumkan upayanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya dengan mendorong peningkatan fasilitas meubelair di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cidokom 2 Kabupaten Bogor. 


Dalam pernyataannya, Rudy Susmanto menekankan pentingnya penyediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif.


Menurut Rudy Susmanto, peningkatan fasilitas sarana dan prasarana akan dianggarkan secara bertahap setiap tahun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 


"Kalau kita penuhi dalam waktu satu tahun APBD kita tidak mencukupi. Maka tiap tahun kita anggarkan bertahap, rutin setiap tahun," ujarnya.


Kabupaten Bogor memiliki luas wilayah yang cukup besar dan jumlah sekolah yang signifikan, oleh karena itu, upaya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur pendidikan tidak dapat dilakukan secara langsung.


Rudy Susmanto menjelaskan, "Jadi memang beberapa, kita dengan Dinas Pendidikan (Disdik) ada banyak jumlah SD dan SMP di Kabupaten Bogor."


Namun, Rudy Susmanto menegaskan bahwa DPRD Kabupaten Bogor dan Pemerintah Daerah selalu memprioritaskan sektor pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.


Terdapat sejumlah ruang kelas yang rusak yang telah direhabilitasi, ruang kelas baru yang telah dibangun, dan meubelair yang perlu diganti.


Rudy Susmanto juga menyadari bahwa kemampuan anggaran APBD untuk sektor pendidikan saat ini belum memadai untuk pengalokasian secara langsung. 


Oleh karena itu, pihaknya akan mendukung pengalokasian anggaran secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. 


"Iya karena kalau bicara soal kemampuan anggaran pada saat ini supaya tidak berulang-ulang kita menyiapkan SD SMP yang dibutuhkan, karena yang dibutuhkan hampir setengah APBD kita. Makanya kita bertahap tidak bisa kita cukupi semuanya sekaligus," tambah dia.


Rudy Susmanto berharap dengan dorongan ini, fasilitas penunjang di SDN Cidokom 2 dapat dialokasikan sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Bogor.


 "Mudah-mudahan pengalokasiannya betul-betul sesuai yang membutuhkan prioritas utama dulu," harap Rudy Susmanto.


Inisiatif Rudy Susmanto ini telah mendapatkan dukungan luas dan diharapkan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan pendidikan di Kabupaten Bogor.

Tag Terpopuler