Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey: Solusi Tangguh Atasi Banjir di Kabupaten Bogor, Jawa Barat -->

Header Menu


Pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey: Solusi Tangguh Atasi Banjir di Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Nia
Senin, 18 September 2023


Sterilnews.com - Kabupaten Bogor, Jawa Barat - Dalam upaya untuk mengatasi masalah banjir yang kerap melanda wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat,


Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, baru-baru ini melakukan tinjauan langsung ke lokasi pembangunan Bendungan Cibeet dan Cijurey.


 Kedua pejabat tinggi ini menilai pembangunan bendungan ini sebagai langkah penting dalam pengendalian banjir di daerah tersebut.


Banjir telah menjadi masalah kronis di Kabupaten Bogor, yang meresahkan masyarakat setempat, terutama setelah peristiwa banjir besar pada tahun 2021. 


Bey Machmudin menegaskan komitmen pemerintah untuk segera membangun bendungan di Cibeet dan Cijurey sebagai upaya konkret untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering mengganggu kehidupan masyarakat.


Pembebasan lahan untuk proyek pembangunan bendungan ini telah dilakukan secara bertahap, menunjukkan keseriusan pemerintah dalam melaksanakan proyek ini.


 Selain pembangunan bendungan, pemerintah juga memberikan perhatian serius terhadap infrastruktur jalan di daerah tersebut.


Menurut Bey Machmudin, langkah ini mencerminkan perhatian pemerintah terhadap pembaruan infrastruktur jalan yang akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat di wilayah tersebut. 


Menteri Basuki Hadimuljono turut menjelaskan lebih rinci tentang pelaksanaan Infrastruktur Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Jawa Barat, yang melibatkan perbaikan sebanyak 15 ruas jalan.


Dari 15 ruas jalan yang diperbaiki, dua di antaranya terletak di Kabupaten Bogor, yakni ruas Jalan Sukamakmur-Sukawangi dan Jalan Mengker-Gunung Batu/Bts. Kabupaten Cianjur. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, juga turut serta dalam kegiatan peninjauan ini. 


"Di Provinsi Jawa Barat, ada 15 ruas jalan dengan anggaran total hampir Rp 400 miliar yang mencakup wilayah ini. Salah satunya adalah Jalan Sukawangi sampai ke Citeureup dengan panjang sekitar 11 kilometer," ungkap Basuki Hadimuljono.


Lebih lanjut, Basuki mengungkapkan bahwa pemerintah berencana menyelesaikan pembangunan ke-15 ruas IJD hingga akhir tahun ini, dengan harapan semuanya dapat selesai pada bulan Desember. 


Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperbaiki kondisi wilayah Jawa Barat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.


Pembangunan bendungan dan perbaikan infrastruktur jalan merupakan langkah konkret pemerintah dalam menangani permasalahan banjir dan memajukan wilayah ini. 


Dengan upaya bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah, diharapkan wilayah Kabupaten Bogor dapat terhindar dari ancaman banjir yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat setempat.

Tag Terpopuler