Gagasan Anies Baswedan Dukung Kesejahteraan Petani: Harapan Baru bagi Pertanian Indonesia -->

Header Menu


Gagasan Anies Baswedan Dukung Kesejahteraan Petani: Harapan Baru bagi Pertanian Indonesia

Nia
Jumat, 22 September 2023


Sterilnews.com - Yogyakarta, 20 September 2023 - Gagasan bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, tentang perbaikan tata niaga dan peningkatan kesejahteraan petani, mendapatkan dukungan tulus dari mahasiswa pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM). 


Mahasiswa-mahasiswa ini melihat bahwa gagasan tersebut sangat relevan dengan kondisi yang dihadapi petani di Indonesia saat ini.


Seorang mahasiswa pertanian di Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Laras, secara antusias mengungkapkan ketertarikannya terhadap gagasan yang disampaikan oleh Anies saat menghadiri acara "Bacapres Adu Gagasan" yang berlangsung di Grha Sabha Pramana UGM pada tanggal 19 September, hari Selasa. 


Laras dengan tegas menyatakan, "Saya sangat tertarik dengan konsep yang diusulkan oleh Pak Anies dalam konteks pertanian. 


Kami berharap agar kondisi kehidupan para petani bisa menjadi lebih sejahtera, terutama mengingat semakin sedikit generasi muda yang berminat untuk berprofesi sebagai petani."


Laras berbagi hasil penelitian yang menyoroti kenyataan bahwa para petani di Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan serius, mulai dari tahap penanaman hingga masa panen yang belum menjamin keuntungan dan bahkan mungkin berpotensi mengakibatkan kerugian serta hutang. 


Selain itu, masalah konflik agraria terkait kepemilikan lahan juga menjadi isu yang harus segera diatasi, karena jika persoalan-persoalan terkait perdagangan dan konflik agraria tidak segera diselesaikan, dapat berdampak pada krisis pangan yang lebih besar di masa depan, demikian kata Laras.


Pendapat serupa juga disampaikan oleh seorang mahasiswa pertanian UGM bernama Tika. Tika berpendapat bahwa petani saat ini menghadapi kesulitan dalam mencapai kepastian terkait hasil produk pertanian mereka, sehingga kondisi ekonomi mereka tidak stabil.


Tika juga menyatakan, "Saya sejalan dengan pendapat bahwa petani kita sering menghadapi kesulitan dalam menabung karena hasil panen mereka tidak selalu sesuai dengan harapan, terutama dalam hal harga jual saat panen yang fluktuatif, sehingga terkadang mereka terpaksa berutang, yang tentu saja membuat menabung menjadi hal yang sulit bagi mereka."


Tika berharap bahwa jika Anies Baswedan terpilih sebagai presiden, dia akan berhasil mengenalkan dan menerapkan inisiatifnya yang dapat secara positif memajukan sektor pertanian. 


Dia yakin bahwa langkah-langkah ini akan memicu minat generasi muda untuk terlibat aktif dalam pertanian, dengan harapan bahwa Anies Baswedan dapat merancang kebijakan yang mampu meningkatkan kesejahteraan petani, mendorong tabungan mereka, dan akhirnya mendorong lebih banyak individu untuk memilih karir sebagai petani.


Dukungan tulus dari mahasiswa pertanian UGM ini mencerminkan bahwa gagasan yang diusung oleh Anies Baswedan relevan dengan kondisi nyata yang dihadapi petani di Indonesia. 


Jika gagasan ini dapat diwujudkan, maka ini menjadi harapan baru bagi petani Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, sambil memotivasi generasi muda untuk ikut serta dalam mengembangkan sektor pertanian yang vital bagi negara ini.

Tag Terpopuler