SAH !!!! SEKITAR 3,9 JUTA DAFTAR PEMILIH TETAP YANG DI UMUMKAN KPU KABUPATEN BOGOR PADA PEMILU 2024 -->

Header Menu


SAH !!!! SEKITAR 3,9 JUTA DAFTAR PEMILIH TETAP YANG DI UMUMKAN KPU KABUPATEN BOGOR PADA PEMILU 2024

Nia
Kamis, 22 Juni 2023

 


Sterilnews.com -  Terdapat 3.889.441 orang yang telah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jumlah warga yang memiliki hak pilih tersebut tersebar di 15.228 Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni, menyampaikan bahwa dari total jumlah DPT Pemilu 2024, tercatat ada 4.663 pemilih pemula. Ia menekankan pentingnya data pemilih ini dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas.


Sebelum DPT ditetapkan, terdapat beberapa catatan yang disoroti oleh KPU Kabupaten Bogor. Antara lain, ada 10.136 orang pemilih yang tidak memenuhi syarat, 93.136 orang yang memerlukan perbaikan data pemilih, dan 45.579 orang pemilih yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).


Ummi menjelaskan bahwa untuk memperoleh DPT yang akurat, dilakukan dua mekanisme dalam tahap pemutakhiran data pemilih. Salah satunya adalah mekanisme door-to-door yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).


"Kami melaksanakan ini untuk menciptakan pemilu yang berkualitas. Kita semua menyadari bahwa pemilu yang berkualitas berasal dari DPT yang berkualitas," ujar Ummi pada Rabu (21/6/2023).


Ummi juga menekankan bahwa penetapan DPT ini berkaitan dengan persiapan logistik yang harus disiapkan oleh KPU Kabupaten Bogor untuk pemilu serentak tahun depan, termasuk surat suara. Menurutnya, penyediaan logistik ini merupakan tugas yang penting dan berat bagi KPU.


"Dengan jumlah sekitar 3,9 juta pemilih, kami harus mempersiapkan sekitar 17 juta surat suara. Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih harus dilakukan dalam jumlah yang tepat dalam penetapan DPT," ungkap Ummi.


Selain itu, menurut Ummi, DPT juga penting dalam hal penentuan jumlah saksi di TPS. Ia menyebutkan bahwa setidaknya 15 ribu saksi akan ditempatkan dan disebar di berbagai TPS di wilayah Kabupaten Bogor.

Tag Terpopuler