Keren !!! DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR GELAR KEGAITAN OPTIMALISASI NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI RESTORASI KETAHANAN SOSIAL -->

Header Menu


Keren !!! DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR GELAR KEGAITAN OPTIMALISASI NILAI-NILAI BUDAYA MELALUI RESTORASI KETAHANAN SOSIAL

Nia
Kamis, 15 Juni 2023


Sterilnews.com - Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Sosial Kaupaten Bogor Gelar Kegiatan Optimalisasi Nilai-Nilai Budaya melalui Restorasi Ketahanan Sosial Rabu- Kamis (14-15/6/23),Megamendung Bogor.


Ini merupakan suatu upaya yang diperlukan untuk memperkuat sistem kehidupan sosial yang telah terdampak akibat berbagai faktor seperti pandemi, bencana alam, konflik, dan lain sebagainya.  


Langkah pertama dalam restorasi ketahanan sosial adalah dengan memahami dan mengindeks kerentanan sosial pada setiap wilayah. Hal ini dapat dilakukan dengan analisis multi-sektoral yang mempertimbangkan faktor sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.  


Kepala Dinas Sosial kabupaten Bogor DR. MUSTAKIM, S.Pd., MM menjelaskan dalam sambutannya 


" Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami dan menghargai keberagaman budaya yang ada di sekitarnya.Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membangun ketahanan sosial, sehingga lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi di masa depan. Dengan begitu, diharapkan Kabupaten Bogor dapat menjadi daerah yang lebih maju dan berbudaya tinggi".Jelasnya



Selain itu, kolaborasi dan partisipasi masyarakat secara aktif juga diperlukan dalam proses restorasi ini. Langkah yang kedua adalah dengan membangun ketahanan ekonomi yang kuat, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka secara mandiri dan berkelanjutan.


Selanjunya di kesempatan yang sama Plt Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Bogor DRS.Dian Muldiansyah,MM Mengungkapkan


" Restorasi ketahanan sosial merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan berkelanjutan. Alasan mengapa restorasi ketahanan sosial sangat penting adalah karena adanya keterkaitan yang erat antara kondisi sosial masyarakat dengan kondisi lingkungan hidup. Jelasnya 


Hal ini dapat dilakukan dengan upaya pengembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. Terakhir, langkah ketiga adalah membangun ketahanan budaya, dengan menguatkan nilai-nilai kebudayaan lokal dan mempromosikan dialog antarbudaya.


Restorasi ketahanan sosial menjadi isu yang semakin penting di tengah-tengah masyarakat kita. Hal ini disebabkan oleh kompleksitas persoalan sosial yang semakin berkembang dan semakin mempengaruhi kehidupan manusia. 


Sementara itu Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Deri Anita, SE MA Menjelaskan Alasan Mengapa Restorasi Ketahanan Sosial Penting  dalam pembangunan berkelanjutan.


" Alasan mengapa restorasi ketahanan sosial sangat penting adalah karena adanya keterkaitan yang erat antara kondisi sosial masyarakat dengan kondisi lingkungan hidup. Dalam konteks ini, pencapaian keberlanjutan lingkungan hidup perlu dilakukan dengan mengembangkan ketahanan sosial di masyarakat. Dengan meningkatkan ketahanan sosial, masyarakat akan lebih siap menghadapi berbagai perubahan sosial dan lingkungan yang terjadi". Jelasnya 


Masalah lingkungan hidup yang semakin parah dan perubahan iklim yang semakin tak terelakkan membuat kita semakin membutuhkan ketahanan sosial yang kuat.


Restorasi ketahanan sosial diperlukan agar kita mampu melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kesejahteraan sosial, serta mengembangkan hubungan sosial yang sehat dan harmonis di tengah-tengah masyarakat.  


Untuk itu, diperlukan aksi nyata dalam mendorong pengembangan ketahanan sosial, seperti upaya restorasi lahan, pengembangan ekonomi sosial, dan penguatan pendidikan karakter. Semua upaya tersebut diharapkan dapat memperkuat restorasi ketahanan sosial dan mewujudkan masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan.

Tag Terpopuler