HADIRI SOSIALISASI KONSUMEN CERDAS KARANG TARUNA CIGOMBONG DUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH -->

Header Menu


HADIRI SOSIALISASI KONSUMEN CERDAS KARANG TARUNA CIGOMBONG DUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH

Nia
Rabu, 28 Juni 2023


STERIL NEWS.COM - Pada hari Selasa, tanggal 27 Juni 2023, Karang Taruna Kecamatan Cigombong (Cigombong Raya) menghadiri kegiatan sosialisasi konsumen cerdas dengan tema "Thrifting dan Impor Barang Bekas" yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan di Ruang Serbaguna DPRD Kota Bogor.


Kegiatan ini merupakan kombinasi antara kehadiran fisik (offline) dan virtual (online), dengan kehadiran dari berbagai instansi dan pihak terkait, antara lain BPSK Kota Bogor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Direktorat Jenderal PKTN Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kepolisian Daerah Jawa Barat, peserta dari unsur PKK/Karang Taruna/Darma Wanita, pelaku usaha thrifting, dan pelaku usaha lainnya/ritel.


Rudi Hendarsyah SH, Ketua Karang Taruna Cigombong Raya, menyatakan bahwa partisipasi Karang Taruna Cigombong adalah sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan pemerintah daerah dalam menghadapi fenomena thrifting atau berbelanja barang bekas secara bijak yang perlu direspons dengan bijak oleh masyarakat.


"Ya, pelaku usaha thrifting harus bijak, dan konsumen juga tentunya harus mendukung upaya pemerintah dengan gerakan bangga dan cintai produk lokal," tutup Rudi.


Pendapat Rudi mendapat persetujuan dari Belgi Alhuda, Pengurus Karang Taruna Cigombong Raya, yang dalam sesi tanya jawab mengajukan pertanyaan mengenai alasan pelarangan thrifting yang baru diintensifkan saat ini, mengingat fenomena ini telah ada selama puluhan tahun.


"Apakah ada dampak negatifnya terhadap ekonomi sosial?" tanya Belgi.


Selanjutnya, Belgi berharap sosialisasi ini dapat diterima oleh semua kalangan dan dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat umum. Selain itu, Belgi juga mengharapkan peran aktif pemerintah dalam menghadapi fenomena ini, agar konsumen dan pelaku usaha thrifting dapat bijak dalam berbelanja dan menjual barang bekas.


"Terima kasih atas sosialisasi ini dan melibatkan peran kepemudaan dari unsur Karang Taruna, terutama Karang Taruna Cigombong Raya. Semoga ke depannya dapat bersinergi dengan program-program berkelanjutan di bidang industri kreatif," tutup Belgi.

Tag Terpopuler