CARA YANG BAIK MENYIMPAN DAGING KE DALAM KULKAS -->

Header Menu


CARA YANG BAIK MENYIMPAN DAGING KE DALAM KULKAS

Nia
Kamis, 29 Juni 2023


Sterilnews.com - Menyimpan daging kurban di dalam kulkas adalah kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang saat momen Idul Adha. Hal ini dimaklumi karena stok dagingnya sangat melimpah sehingga tidak mungkin untuk diolah dan dikonsumsi sekaligus. Dengan cara ini, kita dapat mengolah daging sesuai dengan selera masing-masing saat dibutuhkan.


Daging merupakan sumber protein hewani yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama, bahkan berbulan-bulan. Namun, perlu berhati-hati dalam menyimpannya agar kualitas dan kesegarannya tetap terjaga.


 "Daging bisa disimpan selama satu tahun atau lebih jika dibekukan dengan sempurna," kata Direktur Halal Research Centre Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Nanung Danar Dono, seperti yang dilaporkan di Kompas.com pada tanggal 31 Juli 2022.


Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat menyimpan daging kurban:


1. Cuci tangan terlebih dahulu: Cuci tangan dengan bersih sebelum memegang daging kurban. Tangan yang kotor dapat menjadi sumber kuman dan mikroba penyebab penyakit (patogen) yang dapat menyebar dan berkembang biak di dalam daging segar.


2. Perhatikan etika batuk atau bersin: Jika Anda hendak batuk atau bersin di sekitar daging, terapkan etika yang benar agar tidak menyebarkan kuman dan virus. Hindari batuk atau bersin ke arah daging agar mengurangi risiko kontaminasi daging oleh mikroba perusak atau patogen.


3. Masak daging: Sebaiknya, daging segera dimasak setelah disembelih. Cuci bersih dan pisahkan dalam porsi yang sesuai dengan jumlah yang akan dikonsumsi. Air dapat menjadi media penularan bakteri pada daging sehingga dapat menurunkan kualitasnya.


4. Simpan daging sesuai porsi: Jangan menyimpan seluruh daging dalam satu kemasan besar di dalam kulkas. Pisahkan dalam ukuran setengah atau satu kilogram, sesuai dengan porsi yang biasa dimasak di rumah. Simpan daging dalam plastik transparan dan masukkan ke dalam kontainer plastik sesuai dengan ukurannya. Jika ingin menyimpannya dalam jangka waktu yang lebih lama, letakkan daging di dalam freezer.


5. Perhatikan udara dalam plastik: Kurangi udara di dalam plastik daging sebelum menyimpannya di dalam kulkas agar tidak menjadi tempat pernapasan bagi mikroba pembusuk. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pompa vakum. Cara lainnya adalah dengan menggunakan ember kecil atau baskom berisi air bersih. Masukkan daging ke dalam plastik dan rendam perlahan-lahan ke dalam air. Permukaan air akan mendorong udara di dalam plastik daging naik ke atas. Setelah udara keluar, segera ikat plastik kantung daging tersebut agar udara tidak masuk kembali.


Tag Terpopuler